Keadilan Gender



Keadilan Gender
Oleh: Sahabati Atfi Khumairoh

“Sesungguhnya Allah tidak melihat fisik dan rupa kamu, tetapi dia melihat hati dan amal; perbuatan kamu.” (HR. Muslim)
            Ketidakadilan gender merupakan sistem atau stuktur sosial dimana kaum perempuan maupun laki-laki menjadi korban. Hadits diatas menunjukan bahwa tidak ada batas antara perempuan maupun laki, tapi dalam hal yang baik lo sahabat. Hehe,, kaya mau ceramah aja,, gak sahabat cuma ingin flash back aja,,
            Sudah terlihat jelas sahabat, modern ini seluruh masyarakat sedang menghadapi berbagai tuntutan, diantaranya tentang demokratisasi, keadilan, hak-hak asasi manusia dan lain sebagainya. Oleh karna tuntutan tersebut harus ada yang namanya kesetaraan gender.
            Masih ingat kah sahabat... kepada salah satu tokoh pahlawan wanita Indonesia? Ya, jawabanya benar sekali yaitu pahlawan wanita kita, ibu RA. Kartini yang sering disebut sebagai ibu emansipasi wanita yang di dalam sejarah hidupnya berusaha memperjuangkan keadilan gender. Emansipasi wanita sekarang juga masih diteruskan oleh para kaum feminis yaitu kaum yang berusaha mewujudkan pola hubungan laki-laki dan perempuan secara adil dan manusiawi.
            Baiklah,, ayo kita lihat fakta-fakta dibalik layar Indonesia tentang keadilan gender. Kalau kita melihat sekilas tentang keadilan gender di Indonesia sudah lumayan berkembang ya sahabat, tapi jangan salah masih ada lo...ketidakadilan pada masa modern ini. Contohnya tentang fakta dan pandangan orang Jawa yang masih berkembang saat ini, menurut mereka bahwa perempuan adalah sebagai  konco wingking dari laki-laki, sehingga sebagai perempuan kita tidak dapat mengekpresikan keinginan kita, apapun yang di inginkan pasti diempet,, katanya kudu manut maring sing lanang,, haduh.... merasa tertekan gak sahabat?? Ada lagi yang masih dibudayakan tentang mengawinkan anak pada usia muda, ini pada umumnya dilakukan oleh orang Jawa tulen. Katanya anak perempuan yang tidak cepat-cepat menikah ndang diarani prawan tua. Haduhhhhh.... capek dehhhh
             Iya sihh,,, banyak dalil yang mengatakan tentang derajat laki-laki yang lebih utama dibanding perempuan. Tapi apa salahnya  kalau perempuan itu bisa dan lebih baik dari yang lainnya. Intinya perempuan berhak memilki akses sepenuhnya untuk berpartipasi dibidang politik,ekonomi, intelektual dan segala bidang kehidupan serta dihargai hak-haknya sebagai manusia.

Komentar

Postingan Populer