Frustasi dan Motivasi



Frustasi dan Motivasi
Oleh: Novianis Nur Mufida

            Kata singkat yang mempunyai makna sangat luas dalam kehidupan manusia, dan yang pasti setiap orang pernah mengalaminya, yaitu frustasi dan motivasi.
Ketika ada slogan “Anda Frustasi,?? maka mulai detik ini lakukan Motivasi ”
Menurut you setuju tidak?? Hmmm,,
            Motivasi yaitu dorongan dalam diri maupun dari luar dengan tujuan mencapai hasrat yang di inginkan sehingga menimbulakan motif-motif motivasi. Sedangakan frustasi yaitu gejala yang muncul dari ketidak puasan dari hasrat yang di inginkan sehingga menimbulkan reaksi-reaksi frustasi.
            Salah satu ilmuam psikolog Barelson dan Steiner mengemukakan bahwa  motif dari motivasi yaitu “ is an inner state that energize, activates, or moves (hence ‘motivation’), and that directs or channels behavior toward goals”. Suatu keadaan dalam diri dalam yang memberi kekuatan, yang mengingatkan, atau menggerakkan, sehingga disebut ‘penggerak’ atau motivasi, dan yang mengarahkan atau menyalurkan perilaku ke arah tujuan-tujuan.
            Sahabat, motivasi itu mempunyai manfaat yang sangat besar, karna dengan motivasi akan muncul tujuan yang mengarahkan extion-nya kita, sehigga dari tingkah laku dapat memenuhi kebutuhan kita. So, buat sahabat-sahabati yang lagi kurang asupan motivasi, mulai sekarang juga lakukan motivasi dalam diri anda karena yang dari internal itu lebih ampuh.
Hahaha berasa jadi seorang motivator,, ckckc.
            Sedangkan frustasi ini banyak menimbulakan reaksi-reaksi yang setiap orang pasti pernah mengalami walaupun salah satunya saja, diantarannya; Agresi, Regresi, Fiksasi, Represif, gangguan psikomotorik, Rasionalisasi, Proyeksi, dan lain-lain.
Reaksi-reaksi tersebut jika dijabarkan sangat banyak, jadi bagi sahabati yang penasaran dengan pembahsan ini silakan baca buku psikologi umum. heeeeee
Menurut penulis, frustasi ini muncul karena kesabaran kita kalah dengan hasrat ketidakpuasan yang tdak dapat diterima. So, buat sahabati hargai proses anda ya. J
            Tulisan kali ini akan bagi-bagi tips cara memotivasi diri menurut Bapak Ali Mustakim, dosen psikoog umum, diantaranya:
1.      Menentukan target yang ingin di capai
2.      Menciptakan minat
3.      Menjaga motivasi dengan membayangkan akhir yang menyenangkan
4.      Menghadirkan lingkungan yang memotivasi dengan cara:
a.       Lihat foto-foto orang sukses
b.      Baca buku karya orang sukses
c.       Buat planning atau komitmen sebagai penyemangat
d.      Pajang penghargaan atau prestasi yang pernah digapai
5.      Self-reward

Semoga bermanfaat J

Komentar

Postingan Populer